Lanjutan dari Tutorial Powerpoint 7; di mana Anda sedang membuat diagram batang. Sebagai pengingat, apabila tadi Anda lupa mengcopy data yang diinginkan untuk membuat tabel, berikut ini saya tampilkan kembali data penjualan obat dari pabrik tertentu pada tahun 2000 sampai 2009.

  • 2000: terjual 10678 produk
  • 2001: terjual 15770 produk
  • 2002: terjual 23506 produk
  • 2003: terjual 24588 produk
  • 2004: terjual 30872 produk
  • 2005: terjual 29877 produk
  • 2006: terjual 38765 produk
  • 2007: terjual 41008 produk
  • 2008: terjual 46872 produk
  • 2009: terjual 30827 produk

Tentu saja, dengan file penunjang latihannya.

Cara membuat diagram batang (bagian 2):

6) Ada yang aneh? Mungkin Legend tampak janggal di situ. Bisa dihapus. Caranya dengan klik 1 kali pada kotak Legend, lalu tekan Delete.

powerpoint7-6

5) Ada lagi yang aneh? Bisa saja Anda merasa kurang enak dengan tampilan angka puluhan ribu yang panjang-panjang di sisi kanan layar. Bisa diganti juga. Caranya dengan klik 2 kali pada sumbu vertikal grafik (value axis). Selanjutnya tampil kotak dialog seperti gambar di bawah ini. Pilih tab Scale. Lalu untuk Display Units, Anda pilih Thousands (supaya tiga angka 0 di belakang menghilang). Kata Thousands itu sendiri nanti bisa diganti juga; dengan klik sampai anak panah mouse berbentuk kursor ketik, selanjutnya ganti sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, ganti jadi “x 1000”.

powerpoint7-7

4) Ingin menampilkan angka nilai di setiap puncak grafik per tahunnya? Klik dua kali pada batangan grafik, lalu pilih tab Data Labels. Beri tanda cek pada value. Apabila Anda ingin mengembalikan Legend yang tadi sudah dihapus, beri juga tanda cek pada legend key (tapi di contoh ini tidak loh…). Klik OK.

powerpoint7-8

3) Anda akan melihat betapa besarnya tulisan label itu! Perkecil dengan klik 2 kali pada angka-angka value tersebut, lalu pilih tab Font. Perkecil ukuran font agar lebih mudah dibaca. Misalnya jadi ukuran 14 pt. Jangan tekan OK dulu. Penulis juga menganjurkan Anda untuk membuat angka tampil vertikal. Caranya, pindah dulu ke tab Alignment, lalu pilih alignment vertikal seperti gambar berikut ini. Baru setelah itu tekan OK.

powerpoint7-9

2) Jika tampak terlalu rapat ke batangan grafiknya, Anda bisa menggeser value tersebut lebih ke atas. Tinggal drag and drop. Tampilan akhirnya akan tampak seperti ini.

powerpoint7-10

1) Misalkan Anda ingin mengubah warna batangan grafik menjadi merah muda. Bagaimana caranya? Klik 1 kali pada grafik untuk mengaktifkan Chart Editor. Lalu klik 1 kali lagi pada batangan grafik. Klik kembali 2 kali untuk membuka kotak dialog. Pilih tab Patterns, lalu sesuaikan dengan warna yang Anda inginkan.

Berhasil… Anda bisa mencoba-coba sendiri; atau jika berminat langsung melanjutkan berlatih membuat diagram pie (lingkaran) dan menguasai pembuatan grafik lebih lanjut.

Kembali ke Indeks Tutorial Powerpoint.

(hnz)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s