Ini tips dari gw sendiri.

Banyak orang yg masih bingung cara membuat ringkasan yang efektif dan bisa dibaca dengan cepat saat kita butuh mereview.

Apa saja yang perlu disiapkan?
1. Niat membuat ringkasan. Semakin kita nggak niat, semakin gak jadi dah tuh ringkasan.
2. Kertas dan bolpen. Tidak usah bagus-bagus atau baru, kertas oret-oretan juga tidak masalah,
3. Waktu.

Nah mari kita mulai…
1. Baca dahulu materi yang mau dibuat ringkasannya. Tidak usah baca detail. Cukup baca garis besar saja yang penting bisa menangkap maksud/esensi bacaannya. Biar ada patokan, ambil kecepatan 1 menit = 2 halaman A4.
2. Kalau sudah, tutup materinya, lalu bayangkan apa yang baru saja dibaca. Cukup 1 menit.
3. Kalau sudah kebayang, sekarang konsepkan dalam otak, kira-kira seperti apa nih ringkasan yg sesuai. Bisa dalam bentuk mind mapping, dalam bentuk artikel pendek, atau dalam bentuk poin-poin (seperti yg biasa dipajang orang di powerpoint).
4. Nah tuliskan sekarang dengan cepat apa saja yang kamu rasa perlu dari bacaan yang tadi dibaca. Tidak usah bagus-bagus sekali yang penting bisa dibaca.
5. Setelah selesai menuliskan konsep tentang apa saja yang penting, coba baca kembali. Jika sudah merasa mantap dan yakin dengan apa yg ditulis, artinya ringkasanmu sudah jadi dan siap dipakai.

Selamat mencoba.