Buat teman2 sejawat yang penasaran dengan pelatihan Advanced Cardiac Life Support/ACLS, gw akan memberikan panduan mulai dari pendaftaran sampai selesai acara. Di sini karena gw mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Perki House, jadi panduannya ya sesuai dengan pelatihannya Perki House. Ada berbagai versi pelatihan ACLS yang ada di Indonesia, jadi mungkin kalo beda penyelenggara, beda juga tatacara/prosedurnya.

Pendaftaran

  1. Sebelum mendaftar perlu diketahui bahwa bagi semua peserta yang belum mendapatkan STR (surat tanda registrasi), sertifikatnya nanti akan berlaku, namun 14 SKP-nya tidak dihitung. Pertimbangkanlah baik-baik…
  2. Dapat dilakukan lewat group di facebook, atau via SMS/telp ke 08170825883 (dr. Danar K. & friends; selanjutnya gw sebut sebagai contact). Saran gw, tanyakan dahulu periode mana yang masih ada tempat kosongnya. Sesuaikan dengan waktu yang kalian punya.
  3. Nanti kita akan dapetin SMS berisi cara pendaftaran, biaya transfer pelatihan, nomor rekening, dan sebagainya. Kalau kurang jelas tanyakan langsung ke nomor contact tersebut.
  4. Setelah mentransfer, data kalian (nama, alamat, asal univ dan tahun lulus, tanggal pelatihan, dan semacamnya) beserta bukti transfer harap difax ke nomor yang dituju (ada juga dalam SMS). Konfirmasikan ke contact bahwa kalian sudah fax data kalian.
  5. Pengambilan bahan harus dengan membawa bukti fax ke senat mahasiswa FKUI di Salemba. Boleh diwakilkan. Kalian akan mendapat 1 buku/modul panduan pelatihan (sekarang sudah versi bahasa Indonesia), denah lokasi, dan daftar acara.
  6. Menjelang tanggal pelatihan kalian akan dapat SMS yang memberitahukan bahwa pada tanggal pelatihan kalian harus membawa foto (gw lupa fotonya berapa kali berapa, kalo tidak salah 4 kali 6, yg jelas berwarna dan 2 lembar) dan modul.
  7. Setelah semua siap, jaga stamina, jangan sampai sakit pada tanggal pelatihan, karena untuk penundaan/reschedule ada dendanya (cukup besar, tapi gw agak lupa berapa tuh dendanya). Satu alasan lain adalah karena pelatihannya 3 hari penuh, datang pagi pulang malam, jadi kondisi harus dijaga benar jangan sampai kalian jatuh sakit.

Tempatnya dan common rule

  1. Untuk ACLS Perki House, tempat pelaksanaannya *biasa sih* di Gedung Perki House di daerah Bendungan Hilir. Alamatnya Jl. Danau Toba no.139 Jakarta Pusat. Di depannya lewat angkot biru kecil bernomor 38 (walaupun agak jarang…). Angkot nomor 38 ini lewat di daerah Tomang dan Grogol.
  2. Lapangan parkirnya kecil, buat yang mau membawa kendaraan, bisa parkir di RS Mintoharjo di dekatnya (biasa diberitahukan juga via SMS).
  3. Coffee break tiap hari 2 kali (sekitar pukul 9.30-10.00 dan pukul 15.00-15.30) ditambah 1 kali lunch (sekitar pukul 12.00-12.30). Makanannya lumayan enak, tapi jangan kebanyakan makan ya (hihi)…

Pelatihan hari 1

  1. Hari pertama dimulai jam 07.00 pagi, dengan pretest. Soal pretestnya biasanya *membingungkan* apalagi buat yang belum paham benar sama bahannya. Nggak masalah… asal kalian setidaknya sempat membaca, pasti persentase soal yang bisa lebih dari 50%.
  2. Untuk hari pertama yang dipelajari lebih umum, yaitu bantuan hidup untuk seseorang yang tidak sadar. Disebut juga Basic Life Support. Mulai dari algoritma penanganan, teknik-tekniknya, sampai yang terakhir (pas giliran gw dulu) airway management.
  3. Hari pertama ini cape, pulangnya bisa sampe jam 18.00-19.00…

Pelatihan hari 2

  1. Materi yang sudah diberikan di hari 1, dilanjutkan sedikit di hari 2.
  2. Namun yang terpenting, di hari 2 ini ada pelatihan tim… Inilah inti dari pelatihan ACLS di mana kerja sama tim itu merupakan bekal yang paling dibutuhkan untuk praktik di lapangan. Satu tim terdiri atas 5-6 orang, dengan posisi2: ketua/kapten tim, personil yang membantu pernapasan, personil yang membantu kompresi dada, memasukkan obat2an, dll. Bagian dari pelatihan ini disebut megacode. Kita dituntut cepat dalam mengambil keputusan, akan dilakukan tindakan apa terhadap si korban. Tentunya pemikiran itu berdasarkan teori2 yang sudah diberikan tadi/hari sebelumnya. Intinya: Megacode menegangkan, tapi seru…
  3. Malam Minggu, jangan lupa belajar megacode, supaya ujian hari Minggu besoknya lancar. Jangan begadang. Jaga kondisi badan.

Pelatihan hari 3

  1. Hari ujian… Tidak ada pelatihan lagi hari ini.
  2. Sarapan dulu sebelum berangkat, karena coffee break-nya baru jam 10.
  3. Tergantung kebijakan dokter pembimbingnya, ujian bisa dimulai dari Megacode ataupun dari teori dulu. Nanti baru bertukar giliran.
  4. Kebijakan ujian tergantung dokter pembimbing juga. Umumnya buat yang gagal ada kesempatan untuk perbaikan skor.
  5. Siang hari (biasanya habis lunch atau coffee break 2) ditutup dengan acara penutupan dan penyerahan sertifikat.
  6. Selesai deh… dapat pengalaman seru, ilmu menarik, dan 14 SKP. Lumayan kan…

Akhir kata, gw berharap tulisan gw kali ini berguna buat semua…

(hnz)