Berhubung penulis lagi banyak kesibukan di luar blogging, maaf banget kalau sudah lama nggak eksis di dunia blog…

Omong-omong, emulator apa nih yang dimaksud? NES alias Nintendo Entertainment System, atau yang kita kenal dengan nama nintendo klasik. Permainan elektronik pertama di tahun 1980-an. NES ini memperkenalkan sejumlah games yang terkenal; misalnya Super Mario Bros, Tetris, ExciteBike, PacMan, BomberMan, dll…

Sedangkan SegaMegadrive (kalau tidak salah ingat) termasuk generasi sesudahnya. Salah satu ikon terkenal dari SegaMegadrive adalah Sonic the Hedgehog.

Untuk memainkan permainan dari NES ataupun SMD di komputer, kalian perlu emulator (tentu saja). NES emulator ada banyak macam. Yang pertama kali penulis kenal, adalah NESticle yang berbasis DOS. Sedangkan sekarang penulis sudah menggantinya dengan FCE Ultra (lupa versinya). Untuk SegaMegadrive, penulis menggunakan Gens versi 2.14. Permainannya terdapat dalam bentuk ROM. Untuk itu, jika ada game yang ingin dicari, ketikkan saja di google nama gamenya, lalu di belakang nama game itu tambahkan “NES ROM” atau “segamegadrive ROM”. Sederhana bukan?

Buat rekan-rekan yang ingin menjajal game tersebut di komputer masing-masing (thanks before for the original uploader!), kalian bisa mendapatkan emulatorsnya di link berikut; seperti penulis sendiri juga mendapatkannya di tempat-tempat ini.
NES (with 100 games packed inside!)
http://rapidshare.com/files/216420736/NES.Emulator_100Games_downarchive.rar

SegaMegadrive versi 2.14 (tanpa ROM, berarti ROM-nya harus kalian cari sendiri)
http://www.bestdownload.com/view.php?detail=652

Kalau link-nya mati harap diinformasikan agar bisa dicarikan yang baru. Semoga bermanfaat…!

(hnz)