Mencari file lagu gratis. Banyak dari rekan-rekan yang mungkin sering melakukannya. Salah satunya adalah minta tolong pada search engine Google. Ada beberapa cara bisa ditempuh untuk mencari file lagu gratis. Coba kita bahas satu per satu.

1. Intitle Index

Jika Anda memasukkan kata kunci “how to download mp3 from www using google”, maka Anda akan menemukan metode Intitle Index, yang menggunakan format

?intitle:index.of? mp3 [artist] [title]

Variabel [artist] diganti dengan nama penyanyinya dan [title] diganti dengan judul lagunya. Jika judul atau nama band lebih dari 1 kata, beri tanda petik di awal dan akhirnya. Tanda petik ini penting untuk mempertahankan hasil pencarian dalam satu kesatuan. Misalnya Anda ingin mencari lagu Chris Martin (vokalis coldplay), ditulisnya “chris martin”. Karena kalau tidak pakai tanda petik, lagu Chris Brown dan Ricky Martin bisa termasuk.

Habis itu tekan search deh… Ketemu juga salah satu entri yang memuat lagu yang Anda cari. Klik kanan dan Save As. Kalau punya Internet Download Manager, klik kanan dan Download with IDM, atau langsung klik (nanti dialog box IDM otomatis nongol sendiri, tergantung Anda mengatur options-nya).

Cara ini diakui cukup banyak orang paling mudah. Namun ternyata ada juga source yang lagunya tidak bisa diambil. Dan berkali-kali saya khawatir ada Spam atau semacamnya. For safety, coba pakai cara kedua.

2. beeMP3, airMP3, etc

BeeMP3 dan AirMP3 memiliki kesamaan, yaitu keduanya menyediakan mp3 gratisan. Cara mencarinya mudah. Di Google, ketikkan judul lagu dan nama penyanyinya (boleh bolak balik), di belakangnya tambahkan  “site:www.beemp3.com” atau “site:www.airmp3.com”. Setelah ketemu, klik seperti biasa…

3. Dari last.fm

Situs radio ini menyediakan cukup banyak lagu. Sampai-sampai lagu langka juga ada! Namun sayangnya cara mengunduh lagu dari sini agak berbelit dan memerlukan program tambahan. Salah satunya adalah lewat LastSharp, yang merupakan program berbasis .Net framework. Jadi untuk mengoperasikan programnya, komputer Anda harus memiliki .Net framework. LastSharp versi 0.4 bisa diambil di sini (credit to Softpedia). Setelah itu, tinggal ekstrak deh zipnya… Buka last.fm, log in. Kalau belum punya account, bikin dulu. Setelah itu, isi library dengan lagu yang Anda inginkan lewat search. Cari yang ada logo “streaming” (bulatan hitam dengan tanda play) agar lagu bisa diambil. Setelah itu, login LastSharp, tunggu sampai lagu yang tadi Anda masukkan muncul, dan… bisa diunduh deh….

Kelemahannya selain berbelit adalah tidak semua lagu yang berlogo streaming bisa muncul di daftar pencarian LastSharp. Tapi setidaknya, program ini cukup cocok untuk mencari lagu lama, terutama lagu internasional.

4. Dari imeem

Imeem juga menyediakan fasilitas streaming. Tetapi untuk mengambil lagu-lagunya, kita juga butuh program tambahan. Program itu adalah Orbit Downloader 2.0, dan bisa diambil di sini (credit to original uploader). Setelah diinstall, buka Imeem dan tekan get it. Cara selengkapnya bisa dilihat di sini. Saya pernah mencoba Free Music Zilla, tapi mungkin karena tidak terlalu paham, malah tidak dapat apa-apa. Kabarnya Free Music Zilla juga bisa dipakai untuk mengambil lagu dari imeem maupun last.fm.

PS: Saya sendiri belum berhasil memperoleh lagu dari imeem. Apabila ada yang berhasil, mohon bantuannya ya…

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(hnz)