AcesulfameK

K-acesulfame atau Ace-K (dalam bahasa Inggris disebut juga acesulfame potassium) merupakan salah satu pemanis tanpa kalori, selain sakarin dan siklamat. Ace-K diperdagangkan dengan merk Sweet One. Struktur kimianya berupa garam kalium dari 6-metil-1,2,3-oksatiazin-4-on-2-2-dioksida. Bentuk fisiknya berupa bubuk kristal berwarna putih. Berat molekulnya sekitar 201.3 Dalton. Zat ini diperkenalkan oleh ahli kimia Jerman, Karl Clauss, pada tahun 1967.

Ace-K memiliki rasa cukup manis. Kemanisannya sampai dengan 200 kali lipat sukrosa dan sama manisnya dengan aspartame. Namun rasa manis ini masih kalah dengan sakarin yang 400 kali lebih manis daripada sukrosa dan sukralosa yang 800 kali lebih manis daripada sukrosa. Seperti halnya sakarin, Ace-K juga meninggalkan aftertaste pahit dalam konsentrasi tinggi. Untuk menutupi rasa ini, dapat digunakan natrium ferulat, yang dikenal sebagai zat antitrombotik dalam pengobatan tradisional dari Cina. Ace-K saat ini digunakan secara luas dalam industri makanan; antara lain permen, pemanis di restoran, permen karet, minuman beralkohol, sirup, saos, roti, tablet kunyah, dan sebagainya. Seperti pemanis lainnya, Ace-K banyak dipakai dalam kombinasi pemanis buatan, biasanya bersama aspartame dan sukralosa. Ace-K juga digunakan bersama beberapa pemanis lainnya. Merk dagangnya Sweet One.

Ace-K bersifat tahan panas, baik dalam kondisi asam maupun basa. Hal ini memungkinkan Ace-K dipakai untuk membuat roti atau sebagai pemanis produk yang diharapkan tahan lama. Ace-K juga tidak merusak gigi. Ace-K dapat disintesis dengan bahan dasar asam asetoasetat.

Keamanan Ace-K juga tak lepas dari perhatian para peneliti. Saat ini FDA masih menyetujui penggunaannya, dengan ADI (acceptable daily intake) 15 mg/kgBB. Potensi efek karsinogeniknya belum diketahui, namun pada penelitian pada hewan coba tidak ada efek karsinogenik yang ditemukan dengan pemberian Ace-K murni. Seperti halnya pemanis tanpa kalori lainnya yang dapat mendorong produksi insulin tanpa menghasilkan kalori, Ace-K juga dapat dipakai untuk pemanis alternatif bagi pasien diabetes melitus.

Referensi

  1. http://www.ific.org/publications/brochures/upload/Everything-You-Need-to-Know-About-Acesulfame-Potassium.pdf
  2. http://www.shapefit.com/sugar-substitutes-acesulfame-potassium.html
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Acesulfame_potassium

(bersambung)

(hnz)