Time is free, but it’s priceless.
You can’t own it, but you can use it.
You can’t keep it, but you can  spend it.
Once you’ve lost it you can never get it back.

(Harvey Mackay, 1932-)

Apakah sebenarnya batasan kemarin, hari ini, dan besok? Tentu saja, pukul 00.00 waktu setempat. Tapi pukul 00.00 jatuh pada waktu yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Apakah yang mengatur waktu di suatu tempat?

Standar dari Penguasa Lautan

Dikenal ada dua garis bujur (meridian) yang berperan penting dalam urusan waktu dunia, yaitu Greenwich Mean Time (GMT) dan International Date Line. GMT atau yang dikenal juga dengan garis meridian 0° dijadikan sebagai acuan waktu standar di seluruh dunia. GMT dikenal juga dengan sebutan UTC (universal time, coordinated). GMT pertama kali berlaku di seluruh Inggris, setelah Railway Clearinghouse menerimanya pada tahun 1847. Pada tahun 1880 waktu ini sudah berlaku di seluruh daratan Inggris. Waktu standar dunia ini diterima oleh dunia internasional pada tahun 1884 dalam International Meridian Conference.

Melangkahi dan Mengulang Hari

Sedangkan International Date Line yang berada di garis meridian 180° merupakan batasan hari ini dan hari kemarin. Pulau dan daerah-daerah yang berada di timur garis ini lebih lambat sehari dibandingkan pulau di sebelah baratnya. Negara yang dikenal memiliki waktu acuan terjauh di bumi, adalah Republik Kiribati (dulu dikenal sebagai Gilbert Islands), dengan waktu berjalan “lebih dulu” 14 jam daripada GMT. Hal ini membuat Kiribati menjadi negara pertama yang memasuki hari tahun baru (sebagai contoh). Adapun bagian dari Kiribati yang paling awal mencapai hari baru adalah Line Islands. Sebagai informasi, Line Islands dulunya pernah dipakai sebagai tempat percobaan bom hidrogen oleh Amerika Serikat dan Inggris pada masa perang dingin.

Daerah yang berada di barat International Date Line ini antara lain Kiribati, Fiji, Tonga, Marshall Islands, dan Kermadec Islands (Selandia Baru). Sedangkan yang berada di timur antara lain Samoa, Hawaii, Cook Islands-Tokelau-Niue (Selandia Baru), dan French Polynesia. Hal ini dapat membingungkan. Berarti, seseorang yang terbang dari barat garis (misalnya Fiji) menuju daerah timur garis (misalnya Samoa), akan tiba di tempat tujuan sehari sebelum ia berangkat😀 Konsepnya: melewati IDL dari timur garis ke barat garis berarti melangkahi atau menambah 1 hari, dan dari barat garis ke timur garis berarti mundur atau mengulang 1 hari.

Waktu tidak harus bulat

Ada beberapa hal menarik lainnya dari zona waktu di seluruh dunia. Misalnya Cina, yang sebenarnya memiliki 3 zona waktu, hanya memberlakukan satu jenis standar waktu untuk seluruh negara. Sedangkan Rusia, memiliki 11 zona waktu, membuatnya menjadi negara dengan zona waktu terbanyak di dunia (sebagai perbandingan Amerika Serikat hanya memiliki 9 zona waktu). Selain itu, ada beberapa daerah yang waktu acuannya terhadap GMT tidak bulat dalam hitungan jam, namun dalam hitungan menit. Banyak di antaranya yang tidak berlaku lagi sekarang. Antara lain:

  • Dulu kota Mumbai di India memberlakukan waktu setempat GMT +4:51, terlambat 39 menit dibanding waktu standar India (GMT +5:30). Waktu ini hanya berlaku sampai tahun 1955.
  • Demikian halnya Nepal. Dulu mereka menggunakan waktu standar GMT +5:40 (sekarang sudah diganti menjadi GMT +5:45), sampai dengan tahun 1986.
  • Waktu Sandringham yang berlaku di Swiss (Switzerland) dan wilayah istana kerajaan Inggris antara tahun 1894-1936, adalah GMT +0:30.
  • Pada tahun 1933-1940, Singapura sempat menggunakan waktu menurut standar daylight time saving (sesuai perintah dari Inggris), GMT +7.20. Daylight saving time ini dipercepat 10 menit (menjadi GMT 7:30) pada tahun 1941. Pada tahun 1970 mereka menetapkan waktu ini sebagai waktu standar Singapura, namun hanya berlaku sampai tahun 1982.
  • Pada tahun 1954-1961, Korea Selatan menggunakan standar waktu GMT +8:30.
  • Waktu standar Belanda yang berlaku pada tahun 1909-1940, adalah GMT +0:20.
  • Irlandia menggunakan standar Dublin Mean Time antara 1880-1916 (GMT -0:25).
  • Pada tahun 1919-1972, Liberia menggunakan Monrovian Mean Time, GMT -0:44.

Sedangkan yang masih berlaku:

  • Yang paling terkenal adalah waktu standar Nepal yang berlaku sejak 1986 (GMT +5:45) dan Chatham Islands (wilayah dari Selandia Baru, GMT +12:45, GMT +13:45 pada daylight saving time). Hanya dua tempat ini yang tidak memakai sistem jam bulat atau setengah jam bulat di seluruh dunia menurut acuan GMT secara resmi.
  • Di beberapa jalanan di daerah Australia Barat dan Selatan, masih berlaku GMT 8:45, namun secara tidak resmi.
  • GMT -9:30 digunakan di beberapa pulau dalam wilayah French Polynesia.
  • GMT -4:30 digunakan khusus di Venezuela.
  • GMT -3:30 digunakan khusus di beberapa negara bagian di Kanada saat daylight time saving tidak berlaku; yaitu di Newfoundland dan Labrador. Saat daylight time saving berlaku, waktu yang dipakai adalah GMT -2:30.
  • Waktu standar Iran, yaitu GMT +3:30.
  • Afghanistan menggunakan waktu standar GMT +4:30.
  • Waktu standar India dan Srilanka, yaitu GMT +5.30.
  • Myanmar menggunakan waktu standar GMT +6:30.

Jam nusantara

Indonesia memiliki tiga zona waktu (anak kecil juga tahu :D), yaitu:

  • Waktu Indonesia Barat (WIB, GMT +7), berlaku di Sumatra, Jawa, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.
  • Waktu Indonesia Tengah (WITA, GMT +8), berlaku di Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.
  • Waktu Indonesia Timur (WIT, GMT +9), berlaku di Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Irian Jaya Barat.

Dulu Kalimantan Barat dan Tengah termasuk zona waktu tengah (WITA), namun sejak 1 Januari 1988 kedua provinsi ini beralih memberlakukan WIB. Timor Leste (Timor Timur), yang dulunya waktu masih bergabung di Indonesia termasuk dalam zona waktu tengah, sekarang memiliki waktu standar sama dengan zona waktu timur Indonesia, yaitu GMT +9.

Jam dinding koala

Khusus Australia, mereka memiliki beberapa zona waktu. Secara umum Australia dibagi atas tiga zona waktu, yaitu zona barat (GMT +8), zona tengah (utara dan selatan) (GMT +9:30), dan zona timur (Queensland, New South Wales, Tasmania, dan Victoria) (GMT +10). Dengan beberapa pengecualian… Broken Hill (New South Wales) mengikuti waktu standar zona tengah. Cocos Islands sebagai wilayah paling barat menggunakan waktu standar yang sama dengan Myanmar, dan Lord Howe Island menggunakan standar GMT +10:30. Belum lagi aturan daylight saving time. Perbandingannya dapat dilihat pada 2 gambar berikut. Yang kiri waktu standar, dan yang kanan daylight saving time.

Australia-Timezones-Standard

Australia-Timezones-Daylight-2007-09

(bersambung)

Sumber: en.wikipedia.org, rangkuman dari berbagai artikel

(hnz)