Sebelum dipakainya Valencia Street Circuit dan Marina Bay Singapore Street Circuit, Circuit de Monaco merupakan satu-satunya sirkuit balapan Formula 1 yang menggunakan jalan raya. Ditambah dengan pemandangan yang indah (gunung Monte Carlo, lampu terowongan, dan pelabuhan dengan banyak yacht), dan podium yang unik karena digelar di tangga Royal box (bukan di panggung seperti balapan lain); tentunya balapan di Monako jadi tambah menarik bagi para penggemar F1🙂. Apalagi tahun ini, diperkirakan balapan Monako bakal “disertai” hujan lebat… tambah seru😀, walaupun mungkin akan jadi sangat-sangat berbahaya dan redflag bisa berkibar kembali (wah wah…. ngarep mode: ON nih…)

Circuit de Monaco adalah sirkuit balapan yang terletak di jalanan kota Monako, di jalan raya daerah Monte Carlo dan La Condamine. Balapan di sirkuit ini sering disebut juga sebagai Grand Prix (GP) de Monte Carlo, karena sirkuit mengambil tempat sebagian besar di salah satu daerah administratif Monako tersebut.

F1 GP Monako sudah diadakan sejak tahun 1929 sampai sekarang, setiap hari Minggu ketiga atau keempat pada bulan Mei. Karena sirkuitnya terdiri atas jalan raya biasa, modifikasi menjadi sirkuit balapan memerlukan waktu sekitar 6 minggu dan perombakannya setelah balapan membutuhkan 3 minggu. Permukaan jalanan yang naik turun, belokan yang tajam, dan sirkuit yang sempit membuat sirkuit paling lambat di Formula 1 modern ini menjadi salah satu trek paling menantang di Formula 1. Belum lagi kesulitan penyesuaian cahaya sewaktu masuk dan setelah keluar dari The Tunnel (sepertinya faktor ini yang mempengaruhi tabrakan Ralf Schumacher dan Fernando Alonso tahun 2004?). Karena itulah GP Monako dianggap sebagai GP paling tidak aman di Formula 1 modern. Ada sejumlah pihak yang menganggap GP Monako masih dipertahankan sampai sekarang karena selain pihak penyelenggara masih sanggup dari segi finansial, nilai historisnya juga tinggi.

Salah satu belokan ter-lamban di Formula 1 modern terdapat di trek ini, yaitu Grand Hotel hairpin (lingkaran nomor 6 pada gambar) yang biasa dilewati dengan kecepatan hanya 50 km/jam. Salah satu belokan tercepatnya juga ada di sini, yaitu The Tunnel (lingkaran nomor 9) yang ditempuh dengan kecepatan 260 km/jam.

circuit-de-monaco

Karena tingkat kesulitan yang tinggi dan overtaking yang hampir tidak mungkin (mungkin, tapi kesempatan itu hanya ada di beberapa titik); skill pada driver, posisi start, dan strategi pitstop lebih diutamakan di sirkuit ini dibanding kekuatan mobil itu sendiri.

Berikut ini statistik dan fakta Circuit de Monaco

Statistik

  • Panjang sirkuit 3340 meter (2.075 mil)
  • Jumlah belokan 18
  • Jumlah putaran untuk Formula 1 78 laps
  • Lap record Michael Schumacher 1:14,439 (2004)
  • Pembalap meninggal di trek Fagioli (1952) dan Bandini (1968)
  • Pole position 2008 Felipe Massa (1:15,787)
  • Fastest lap 2008 Kimi Raikkonen (1:16,689)
  • Pemenang 2008 Lewis Hamilton (after 76 laps)

Fakta menarik

  • Pada tahun 2004 Jarno Trulli mematahkan kemenangan beruntun Michael Schumacher 5 kali berturut-turut sejak awal musim 2004 di sirkuit ini. Ini merupakan pole position pertama dan kemenangan pertama (dan satu-satunya sampai sekarang) bagi Trulli. Ini juga merupakan satu-satunya retirement Michael Schumacher di musim 2004.
  • Mark Webber (pembalap Australia) pertama kali naik podium di sirkuit ini (2005).
  • Tim Jaguar memperoleh podium pertamanya lewat Eddie Irvine (2001), juga di sirkuit ini.
  • Jenson Button, pimpinan klasemen pembalap saat ini, pernah 2 kali tidak ikut balapan ini sejak awal karir Formula 1-nya di tahun 2000. Button tidak ikut GP Monako 2003 (karena kecelakaan berat waktu free practice III) dan Monako 2005 (karena BAR sedang menjalani hukuman ban 2 balapan, akibat tangki “rahasia” yang ilegal). Di GP Monako 2005 Button menjadi komentator bersama James Allen dan Martin Brundle dari ITV.
  • GP Monako pernah menjadi ajang promosi film, yaitu Ocean’s Twelve (2004) dan Star Wars Episode III: Revenge of The Sith (2005).
  • Christian Klien kehilangan berlian Steinmetz yang dipasang di mobil Jaguar 15-nya sehubungan dengan promosi Ocean’s Twelve, tapi berlian itu hilang setelah Klien tabrakan di putaran pertama.
  • Salah satu overtaking terkenal: Nick Heidfeld mendahului Fernando Alonso di La Nouvelle chicane (2005). Inilah balapan pertama di tahun 2005 di mana Fernie gagal naik podium.
  • Terakhir kali turun hujan pada waktu balapan GP Monako adalah pada tahun 1997. Juaranya Michael Schumacher.

(hnz)