FreeCell. Salah satu permainan kartu favorit sejak zaman Windows 95. Permainan di zaman itu bisa bikin kecanduan, di mana belum banyak beredar minigames seperti sekarang. Permainannya sederhana, dengan menyusun menurun kartu dengan warna selang seling merah dan hitam, memanfaatkan slot kosong yang ada di kiri atas layar, kita pun bertaktik bagaimana cara memindahkan seluruh kartu ke home pile (4 kotak di kanan atas layar). Kita pun bertanya-tanya apakah semua permainannya, seperti yang disebut-sebut dalam file Help-nya, bisa dimenangkan. Mungkin dengan berlomba sama teman, atau mencatat sendiri permainan mana saja yang sudah pernah dimenangkan. Gw pun pernah seperti ini, tapi akhirnya catatan itu hilang! Sekarang, kalau main ya main saja, tidak dicatat-catat lagi, toh katanya pada akhirnya semua games bisa dimenangkan kok… Tapi apakah benar?

Spb_Freecell

1. Sejarah FreeCell. Martin Gardner memperkenalkan permainan matematika Baker’s Game pada Scientific American edisi Juni 1968. Permainan ini mirip sekali dengan FreeCell yang kita kenal sekarang, perbedaannya hanya terletak pada kartu tableau yang disusun dengan kembang (apa gambar ya? Gak tau bahasa Indonesianya “suit” sich…) yang sama. Ada juga yang menyebut bahwa permainan ini bermula dari permainan Forty Thieves (40 perampok) dari Skandinavia, tapi tidak terbukti. Selanjutnya, Paul Alfille mengubah permainan ini dengan konsep penyusunan kartu tableau menurut warna kartu yang bergantian. Versi komputer pertama dari permainan ini adalah sistem PLATO yang menggunakan bahasa pemrograman TUTOR pada tahun 1978. Pada permainan ini, tersedia 4-10 kolom dan 1-10 sel dengan tableau berukuran 8 kali 4 kartu.

2. Jumlah susunan kartu. Semua versi Windows sebelum XP memperkenalkan 32.000 ragam permainan FreeCell. Versi XP ke atas memperkenalkan 1.000.000 ragam permainan. Padahal, jumlah susunan kartu yang mungkin dari FreeCell adalah 52 faktorial (kira-kira setara dengan 8 kali 1067), namun karena ada beberapa permainan yang identik karena perbedaan jenis kembang di posisi yang sama atau sejenisnya, sehingga dianggap hanya ada 1.75 kali 1064 susunan unik untuk FreeCell.

3. Benarkah semua susunannya bisa dimenangkan? Dalam file Help FreeCell tertulis kata-kata seperti ini:

It is believed (although not proven)
that every game is winnable
.

Tapi pada kenyataannya, di versi 32.000 permainan ada 1 susunan yang tidak bisa dimenangkan, yaitu nomor 11982. Sudah puluhan sampai ratusan pemain manusia maupun sejumlah program komputer mencoba untuk menyelesaikan permainan ini, namun tidak ada yang berhasil (sepertinya memang benar. Coba lihat susunan kartunya, benar-benar “serem abis”!).

11982

Sebelumnya sempat timbul dugaan kuat bahwa ada 1 permainan lain yang tidak bisa dimenangkan juga, yaitu game nomor 617. Permainan ini memang sulit karena banyak kartu bernomor sama dan warna sama tersusun berturutan, dan sebenarnya bisa diselesaikan, namun sebagian besar orang membutuhkan waktu beberapa puluh kali percobaan untuk memenangkannya. Sedangkan di versi XP, ada 7 permainan lain di samping 11982 yang juga diduga tidak dapat dimenangkan, yaitu 146692, 186216, 455889, 495505, 512118, 517776, dan 781948. Namun, belum ada pembuktian seperti halnya permainan nomor 11982 tadi.

4. Hidden easter eggs. Di semua versi Windows berlaku. Kalau lagi iseng, coba saja pilih Game > Select Game (F3). Ketikkan angka -1 atau -2. Maka akan muncul permainan dengan susunan kartu yang tidak mungkin dimenangkan (coba lihat sendiri). Tapi jangan khawatir! Ingin kabur dari game tersebut, tekan saja F2 atau F3 dan pilih game lain. Dalam statistik, game hidden easter eggs tadi tidak dihitung sebagai kekalahan, koq. Untuk versi Vista, bisa dicoba game bernomor -3 dan -4, yang otomatis dimenangkan hanya dengan memindahkan as ke home pile.

5. Buntu di satu game, tapi mau kabur tanpa kalah? Hanya berlaku untuk versi XP ke bawah. Di layar permainan, tekan Ctrl + Shift + F10. Pilih Abort untuk menang, Retry untuk kalah, dan Ignore untuk Cancel.

(hnz)