Sebagai info, IDM adalah singkatan dari internet download manager. Program yang dipakai buat download macem2… mulai dari dokumen penting sampai file gak penting; misalnya installer games, serial televisi, dan sebagainya (penting lah buat koleksi :D)

Yang penting membedakan jenis download-an adalah yang bisa diresume dan yang tidak. Kalau bisa diresume, akan muncul tulisan: resume capability Yes. Artinya download-an bisa distop sementara, lalu bisa dilanjutkan lagi kapan-kapan (asal komputernya gak diinstall ulang!). Kalau tidak bisa, munculnya resume capability No. Artinya download cuma sekali jalan dan kalau sempat putus, terpaksa harus ngulang dari awal lagi.

Sekedar mau share aja, mungkin pernah waktu Anda men-download, Anda sering menghapus-hapus history sehingga setelah komputer dishut down dan begitu download-an yang kemarin (resumenya Yes) mau dilanjutin, eh… hilang! Terpikir sesuatu?

Ide gw yang gila: buka Options. Cari address (link di komputer sendiri) tempat file potongan download disimpan sementara. Terus, buka lagi link tempat mulai download tadi. Klik lagi, seakan-akan kita download dari awal. Terus, copy paste file potongan download tadi ke folder baru yang berisi potongan file download yang kedua. Overwrite? Jawab Yes. Lanjut lagi deh, tapi tidak dari awal, melainkan dari tengah. Jadi menghemat waktu…

Cara yang salah besar. Jangan terpikir untuk mencobanya! Karena ini sama saja membuat file yang didownload menjadi corrupt. Kalau file-nya rar dan berpassword, sudah pasti tidak bisa dibuka. Kalau file-nya video, video-nya pun macet-macet pas diputar.

Jadi gw sarankan:

  1. Jangan suka menghapus-hapus history kalau Anda sedang di tengah perjalanan mendownload file (terutama yang ukurannya besar dan harus ditinggal semaleman).
  2. Dan jangan mencoba cara curang di atas.

Selamat “tidak” mencoba!😀

(hnz)