Bingung mencari referensi untuk tugas membuat makalah kedokteran? Gw coba bantu beri saran berdasarkan pengalaman pribadi maupun kerja… “hehehe”

Pertama, yang agak bingung adalah mencari referensi. Kadang kita gak punya waktu buat ke perpustakaan atau ke rumah teman lain untuk pinjem textbook. Belum lagi kalau disuruh mencari referensinya dari internet… Tapi keduanya bisa “dilakukan sekaligus”…

Untuk itu, gw perlu membahas tentang link yang mungkin bermanfaat untuk mencari referensi. Sebagai setoran awal… Tapi tentu saja wikipedia tidak termasuk (walaupun nanti juga dibahas koq…)

1. www.emedicine.medscape.com

Bermanfaat untuk mencari update terbaru tentang penyakit, teknik pemeriksaan, teknik skrining, atau kondisi medis tertentu. Biasanya sumber ini menampilkan artikel yang – paling tidak – diperbarui dalam 5 tahun terakhir; jadi 95% up-to-date. Kualitas juga dijamin, karena semua artikel yang dimuat menggunakan sistem excerpt (konsep) dan disclosure (penutup), jadi pasti sudah disensor habis-habisan…

2. www.medical-ebooks.blogspot.com dan www.medicalebooksreview.com

Dua website yang berhubungan. Keduanya web review textbook-textbook kedokteran (tapi bukunya lebih kurang sama). Kelebihannya adalah buku yang dibahas rata-rata berkualitas baik, dan bisa diunduh pula. Jadi bisa buat gantinya beli atau pinjam textbook, khususnya textbook yang langka atau susah dicari. Tersedia beberapa macam jurnal dan proceeding seminar juga loh…

3. www.nejm.org

Website New England Journal of Medicine. Sumber jurnal yang lumayan berkualitas, dan gratis untuk semua edisi yang sudah lewat (terhitung sejak 1 minggu sebelumnya). Untuk membaca jurnalnya dengan lebih enak, lebih baik diambil versi PDF-nya untuk setiap artikel.

4. http://student.bmj.com

Website BMJ untuk students (eits… register dulu, tapi gratis koq). Isinya ada jurnal penelitian, karir, ethics, picture quiz, dan sebagainya… Lumayan juga buat mencari referensi.

Terus bagaimana cara mencari artikel tentang suatu topik dari web-web tertentu (seperti web di atas) lewat Google? Begini nih caranya… Masukkan kata kunci yang akan dicari di kotak search Google. Kalau ingin mencari web dalam bahasa Inggris, ketikkan bahasa Inggrisnya; demikian juga kalau bahasa Indonesia. Di belakangnya tambahkan kata “site:www.sekian.com” (site:[alamatweb]). Misalnya kita mau mencari tentang defisiensi G6PD, contohnya begini:
google2

Atau mau mencari file yang berbentuk PDF dari Google? Caranya sama, dengan format filetype:. Contohnya seperti ini:

google3

Sekian dulu info dari gw… Kalau ada tambahan, nanti akan diupdate lagi. Semoga bermanfaat!