Gaun atau pakaian wanita lainnya

Aspek yang membedakan pakaian wanita dengan kemeja pria adalah adanya lingkar dada maksimal dengan payudara (bust), pinggang (waist), dan pinggul (hip).

Cara mengukurnya:

1. Lingkar dada maksimal dengan payudara (bust)

Pita pengukur dipasang di sekeliling dada setinggi tulang belikat di bawah ketiak; melewati bagian terbesar dari payudara. Catat hasilnya dalam inch.

2. Pinggang (waist)

Ukur lingkar pinggang seperti biasa. Hasil dicatat dalam inch.

3. Pinggul (hip)

Pinggul merupakan bagian terlebar di bawah pinggang (dalam bahasa sopan). Letaknya biasanya 7 sampai 9 inci di bawah pinggang. Ukur seperti biasa. Catat hasilnya dalam inch.

sizewoman

Yang menjadi masalah adalah saat seorang wanita mencari gaun atau pakaian yang hanya dinyatakan dalam size huruf. Amerika Serikat juga menggunakan sistem huruf. Belum lagi konversi untuk negara-negara lainnya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut. Oh ya, tabel ini hanya berlaku untuk para gadis dan tidak untuk anak perempuan.

sizewoman2

Sekadar informasi tambahan: ada pengecualian untuk blus dan sweater feminin, di mana Amerika Serikat menggunakan sistem nomor tersendiri. Sedangkan di Eropa, tidak ada perbedaan dengan gaun wanita. Penomoran untuk blus di Amerika Serikat adalah kira-kira sama dengan nomor ukuran Eropa dikurangi 8; mulai dari ukuran Eropa 40.

Bra

Bra dikenal memiliki 2 aspek penting, yaitu ukuran payudara dan cup size.

Untuk menentukan ukuran bra secara pasti, wanita yang diukur harus memakai bra, atau minimal ada penyangga untuk kedua payudara. Penyangga tidak perlu ketat. Ukur lingkar dada tepat di bawah payudara. Untuk ukuran lingkar dada bawah payudara kurang dari 84 cm (33 inch), tambahkan 13 cm (5 inch) untuk mendapatkan ukuran bra. Sedangkan jika lebih dari 84 cm tambahkan 8 cm (3 inch) untuk mendapatkan ukuran payudara. Ingat bahwa ukuran payudara selalu dinyatakan dalam inch bulat terdekat. Misalnya wanita dengan lingkar dada bawah payudara 35 inch; ukuran bra-nya adalah 38. Wanita dengan lingkar dada bawah payudara 32 inch, ukuran bra-nya adalah 37.

Selanjutnya ukur lingkar dada terbesar lewat payudara. Catat hasilnya dalam inch. Kemudian hasil ini dikurangi dengan angka ukuran bra yang tadi sudah diperoleh (juga dalam inch, bukan?). Bandingkan selisihnya dengan tabel berikut ini untuk menemukan cup size yang cocok untuk wanita tersebut.

Selisih inch (taksiran mm terdekat)

Cup size

½ inch (1.5 cm)

AA

1 inch (2.5 cm)

A

2 inch (5.1 cm)

B

3 inch (7.6 cm)

C

4 inch (10.1 cm)

D

5 inch (12.7 cm)

DD atau E

6 inch (15.2 cm)

F

Further reading

(hnz)

About these ads